Selasa, 31 Oktober 2017

Mudahnya ceki-ceki fashion di Online shop

Salisa- 28 Oktober 2017 _Salisatul Azizah_ “ Human Interest”
Mudahnya ceki-ceki fashion di Online shop!
Tulungagung-Online Shopping, yang biasanya banyak dilakukan oleh para wanita dan pria yang tidak mau rempong dalam masalah belanja.
Online Shop? Hampir semua orang saat ini  mengenal dan familiar dengan kata online shop, apalagi untuk para wanita. Online shop adalah toko online yang mempermudah masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau yang mereka inginkan. Hanya dengan membuka internet atau hp saja kita bisa belanja tanpa harus keluar rumah.
Online shopping atau bisa disebut juga dengan belanja daring. Online shopping adalah kegiatan pembelian barang dan jasa melalui media internet. Sebelum belanja seorang pembeli bisa melihat terlebih dahulu barang dan jasa yang akan dia beli, melalui web yang dipromosikan oleh penjual. Kegiatan belanja daring ini merupakan bentuk komunikasi baru yang tidak memerlukan komunikasi tatap muka secara langsung, melainkan dapat dilakukan secara terpisah dari dan keseluruh dunia melalui media notebook, komputer, ataupun handphone yang tersambung dengan layanan akses internet. Belanja daring adalah salah satu bentuk perdagangan elektronik yang digunakan untuk kegiatan transaksi penjual ke penjual ataupun penjual ke konsumen.
Belanja daring pertama kali dilakukan di Inggris pada tahun 1979 oleh Michael Aldrich dari Redifon Computers. Ia menyambungkan televisi berwarna dengan komuter yang mampu memproses transaksi secara realtime melalui sarana kabel telpon. Sejak tahun 1980, ia menjual sistem belanja daring yang ia temukan di berbagai penjuru inggris.
Di Indonesia, sendiri belanja daring semakin hari semakin menunjukkan perkembangan yang signifikan. Belanja daring, tidak hanya dimonopoli oleh belanja barang, namun juga layanan jasa seperti perbankan yang memperkenalkan teknik e-banking. Melalui teknik e-banking pelanggan dapat melakukan kegiatan seperti transfer uang, membayar tagihan listrik, air, telepon, internet, pembelian pulsa, pebayaran uang kuliah dan lain sebagainya.
Di Indonesia untuk pembelian suatu barang dengan online shop mengalami perkembangan yang cukup pesat. Mulai dari situs yang menjual handphone, gitar, butik, toko buku, makanan, bahkan hingga ke alat elektronik pun mulai dirambah oleh layanan belanja daring.
Salah satu media yang menampilkan belanja daring adalah blog. Blog merupakan layanan web gratis, dimana pelaku usaha daring menggunakan blog sebagai toko online yang ia punya untuk menjual sekaligus mempromosikan barang dan jasa yang ia tawarkan kepada calon konsumen. Karena sifatnya yang mudah dikostumisasi oleh penggunanya, maka belanja daring melalui media blog cukup riskan karena pembeli cukup sulit mengetahui reputasi dari penjual. Biasanya penjual mengunggah bukti-bukti transfer yang ia miliki sebagai bentuk jaminan kepada pelanggan bahwa ia merupakan penjual terpercaya.
Ada banyak situs web yang menyediakan layanan belanja daring baik web lokal maupun web internasional. Biasanya terdapat keranjang belanja, dimana calon pembeli dapat memilih produk yang akan dibeli. Selain dengan keranjang belanja, pembeli juga dapat langsung menghubungi penjual agar transaksi langsung dapat dilakukan melalui telepon atau email. Ada banyak hal yang dapat dilakukan di layanan belanja daring melalui web, diantaranya yang terkenal adalah lelang. Lelang merupakan kegiatan belanja daring di mana pembeli penetapkan batas bawah suatu harga yang hendak dilelang. Kemudian sang pembeli yang tertarik dapat menawar (biasa disebut bidding) sesuai kelipatan yang diajukan. Lelang biasanya dibatasi pada periode tertentu, sehingga pembeli dengan nominal tertinggi dinyatakan berhak membeli barang yang ia inginkan sesuai sesuai dengan harga yang ia ajukan.
Seiring dengan maraknya pertumbuhan situs jejaring sosial di dunia, media social networking ini juga dilirik oleh pelaku belanja daring untuk memasarkan produknya. Penjual akan mengunggah barang yang ia tawarkan kemudian disebarkan melalui messaging atau fitur photo sharing. Bentuk penawaran ini merupakan perkembangan dari media katalog yang tadinya disebarkan oleh bentuk media cetak perbulan, kini disebarkan melalui media katalog online yang penawarannya dapat diupdate kapan saja.
Belanja daring dapat dilakukan dengan cara melakukan window shopping pada web yang dituju. Kemudian, pembeli dapat mengklik barang yang diinginkan. Setelah itu pembeli kemudian dibawa kepada jendela yang menampilakn tata cara pembayaran yang disepakati dan kemudian setelah nominal uang ditransfer, maka penjual akan mengirim barang melalui jasa pos.
Dewasa ini, tata cara belanja online, dapat dilakukan semakin mudah. Ketika pembeli tertarik dengan barangyang dituju, ia cukup melakukan panggilan telepon dengan sang penjual ataupun mengetikkan sms sesuai aturan. Setelah pesan diterim, pembeli biasanya diharuskan mentransfer sejumlah uang ke rekening penjual dan barang yang dibeli pun akan dikirim, baik melalui kurir (jika wilayah pengiriman masih cukup dekat) atau pun melaui jasa pos.
Pembayaran dapat dilakukan baik menggunakan kartu debit, kartu kredit, PayPal, memotong pulsa pelanggan(untuk transaksi lewat hp), cek, maupun COD (Cash On Delivery) yaitu pembayaran yang ketika dilakukan ketika barang telah dikirim oleh penjual. Cash On Delivery biasanya dilakukan melalui tatap muka antara penjual dan pembeli; penjual dapat menunjukkan barangnya sehingga pembeli yang tertarik bisa meneliti barang yang akan ia beli. Pembelian semacam ini biasanya melakukan pembayaran secara langsung/uang kontan. Selain tatap langsung antara penjual dan pembeli, COD ini bisa dilakukan antara kurir dan pembeli; biasanya penjual hanya akan melayani COD apabila daerah pembeli masih dapat dijangkau oleh penjual.
Rurin salah satu penikmat online shop. Pertamakali dia melakukan transaksi pembelian barang melali online shop ketika dia dibangku perkuliahan. “lebih mudah melakukan pembelian melalui online shop dari pada harus mondar mandi cari toko ini cari toko itu tapi belum tentu cocok”, ucap wanita berumur 23 tahun tersebut. Banyak barang-barang yang telah dibeli rurin melalui belanja daring ini, antara lain ialah sepatu, sandal, alat make up, pakaian, dan lain sebagainya. Rurin merasa puas dengan belanja melalui online shop karena tidak menghabiskan terlalu banyak waktu dan bisa memanfaatkan waktu untuk kegiatan lainnya. Istilahnya hemat waktu, dengan berbelanja cukup 5(lima) menit saja sudah selesai. Rurin sekarang berprofesi sebagai staff managemenet di salah satu perusahaan di kota Malang. Dengan pekerjaannya yang sekarang dia bisa mencukupi kebutuhannya sendiri bahkan bisa membantu perekonomian kedua orang tuanya.
Ketika belanja di online shop Rurin juga pernah merasa kecewa dengan kualitas barang blanjaannya, karena tidak sesuai dengan apa yang ia fikirkan. Spesifikasi yang tertera dalam keterangan barangnya itu menyatakan bahwa barang yang ia beli itu adalah barang yang berkualitas bagus. Tapi, ternyata setelah barang itu diterima oleh Rurin, barang itu seperti barang KW 150. Rurin sangat merasa kecewa pada waktu itu, dan mulai saat itu Rurin berfikir bahwa dia harus lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam membeli barang di online shop.
Rurin tidak hanya sebagai konsumen di online shop, dengan pengalamannya menjadi seorang konsumen sejati online shop dia memiliki inisiatif untuk menjalankan bisnis online shop tersebut. Sekarang dia tidak hanya sebagai pembeli tapi dia juga sebagai penjual, dia sebagai reseller di salah satu online shop terkenal di Indonesia. Meskipun dia tidak memiliki web sendiri dalam berdagang di online shop, tapi dia memiliki pembeli yang setia. Bahkan dia membuat kartu E-member bagi pembeli setianya, canggih kan.
Keuntungan belanja daring antara lain: pembeli tidak perlu mengunjungi tempat penjualan baik itu toko, butik, mall, dan lain sebagainya. Pembeli cukup klik web yang dituju dan memilih barang yang diinginkannya; pemilihan barang bisa dilakukan dari rumah atau kantor sehingga pembelian bisa dilakukan berjam-jam tanpa harus keluar rumah; penjual dapat menkan ongkos pembukaan toko karena melalui belanja online, penjual cukup memasarkan produknya melalui internet; pemasaran produk bisa mencapai seluruh dunia dengan biaya yang murah.
Kelemahan belanja daring: kualitas barang yang diinginkankadang-kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website; rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim; rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos; rentan aksi pembobolan rekening karena pembayarn dilakukan melalui internet; marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirim katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privasi masing-masing pembeli dan penjual.  
Mudahnya berbelanja di Online Shop. Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, membuat masyarakat menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi sekarang ini. Belanja apapun sekarang menjadi lebih mudah, tanpa repot-repot keluar rumah, tanpa repot-repot naik kendaraan, kesana kemari, macet, tanpa repot-repot kepanasan dan membuang banyak waktu. Sekarang teknologi lebih canggih, banyak aplikasi-aplikasi Online Shop yang menawarkan barang-barang yang stylish dan kekinian kalau bahasanya anak sekarang.
Bukan hanya masyarakat kota yang bisa mengakses toko online. Bahkah masyarakat dari desa terpencil pun lebih memilih belanja online sekarang, mungkin selain tempatnya yang jauh dari tempat belanja, akan lebih simple juga dalam berbelanja. Karena lebih mudahnya dalam menggunakannya, kegiatan belanja ini tidak perlu menggunakan waktu khusus. Bahkan belanja di online shop ini bisa dikerjakan sembari mengerjakan pekerjaan rumah, seperti saat sebelum cuci piring ataupun sebelum tidur, atau sambil ngantor, ataupun yang lain. Tidak perlu waktu khusus bukan.
Hermin adalah salah satu wanita yang gandrung dengan belanja di online shop. Setiap ada model fashion terbaru, dia selalu buru-buru searching-searching di online shop. Dia memilah dan memilih baju, celana, rok, sepatu, sandal yang pengen ia beli di toko online tersebut. Apapun yang ia butuhkan, dia langsung menghampiri laptop/handphone yang terhubung dengan internet untuk ngechak dan berbelanja di online shop. “saya lebih mudah berbelanja di online shop, karena lebih hemat waktu, dan stayle yang ada di toko online juga tidak kalah dengan baju-baju yang ada di butik terkenal” begitu ucapan dari wanita yang bekerja sebagai drafter di salah satu perusahaan di kota Trenggalek.
Pekerjaanya drafter membuatnya tidak ada waktu untuk berbelanja di luat rumah/kantor. Dengan pekerjaannya yang mengikat ini dia tidak ada banyak waktu luang untuk menghibur diri dengan belanja-belanja di luar sana. Maka dari itu wanita asli Trenggalek ini memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Dengan memanfaatkan waktu untuk berbelanja di online shop untuk menghibur dirinya yang penat akan perkerjaan di kantor yang menumpuk.
Setiap hal apapun, pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Jadi kita sebagai masyarakat yang bijak harus lebih berhati-hati dalam melakukan apapun dan harus lebih cerdas lagi.

2 komentar: