Minggu, 26 November 2017

Kupang Lontong Pak Misari : Kalau Sudah Kenyang Buat Wajah Berseri

Kupang Lontong Pak Misari : Kalau Sudah Kenyang Buat Wajah Berseri

Oleh : Rozalina Fauzani

Bagian depan warung kupang lontong Pak Misari yang ramai pembeli




Liburan dan suasana mendung membuat perut keroncongan. Butuh asupan istilahnya. Nah kali ini saya akan membawa anda – anda semua untuk melancong tipis - tipis ke wilayah Sidoarjo. Menikmati makanan khas Sidoarjo yang tak lekang oleh zaman, yang cocok untuk menemani hari minggu yang sendu ini. Tidak lain lagi, makanan khas tersebut adalah Kupang Lontong. Ingat ya, ini makanan khas Kabupaten Sidoarjo, bukan makanan khas dari Kupag, Nusa Tenggara Timur.
Minggu (26/11), perjalanan wisata kuliner hari ini saya mulai dengan mencari tempat – tempat kulineran di Sidoarjo melalui instagram. Sebelum saya lanjutkan tulisan ini, saya akan memberi tahu, mengapa Sidoarjo menjadi alasan saya untuk berburu kuliner. Yap, bukan lagi, karena saya rindu dengan kabupaten yang memberi saya kesempatan untuk mengenyam pendidikan selama berada di bangku SMK. Lah kok saya jadi curcol gini ya..
Baiklah, seperti yang sudah saya ceritakan sebelumnya jika saya berburu kuliner pertama kali dengan menjelajah di instagram. Setelah berkali-kali stalking beberapa akun kuliner di Sidoarjo, berhentilah saya di akun @gallerykulinersidoarjo dan terus scroll ke bawah mencari makanan yang murah, enak, dan tentunya bikin kenyang. Akhirnya saya menemukan salah satu unggahan dengan foto makanan yang biasa disebut kupang lontong.
Berangkatlah saya dan seorang teman saya menyusuri macetnya Sidoarjo, ditambah cuaca yang tak menentu, karena setelah panas yang membuat kaki saya terasa terbakar, kemudian turun hujan deras. Tempat yang ditulis oleh akun @gallerykulinersidoarjo ini saya rasa cukup sulit ditemukan. Yang saya maksud sulit di sini bukanlah sulit untuk dijangkau, atau medan perjalanan yang berliku-liku naik turun gunung. Enggak lah yaa, mana ada gunung di Sidoarjo.
Sulit yang saya maksud adalah karena tempat makan ini saya rasa sangat kecil untuk ukuran tempat makan yang sudah menjadi salah satu tempat makan lontong kupang terfavorit di seantero Sidoarjo. Lontong Kupang Pak Misari beralamat di Jalan Mojopahit No.62, Sidoarjo. Berada di seberang alfamart Jalan Mojopahit. Untuk menuju ke tempat makan Lontong Kupang Pak Misari, dari Alun – Alun Sidoarjo ( Monumen Jayandaru ), anda hanya membutuhkan waktu 9 hingga 10 menit saja jika kondisi jalan normal, tidak macet. Untuk lebih mempermudah, anda bisa menggunakan Google Maps untuk mencari lokasinya.
Setelah sampai di TKP, saya ragu – ragu apakah benar itu tempat makan yang saya maksud atau bukan. Tapi dari alamat yang saya dapat dari akun instagram di atas, saya akhirnya yakin itulah tempat makan yang saya cari. Jeng.. jeng.. jeng... ternyata yang sebelumnya saya ekspektasi tempatnya sedikit luas ternyata salah besar. Sebuah kios kecil berukuran sekitar 4 x 4 meter saja, dengan warna kuning terang yang saya rasa menjadi cir khas tempat ini.
Saya dan teman saya memesan dua porsi lontong kupang dengan minuman pendamping, yaitu es degan dua gelas. Pasangan makanan dan minuman yang serasi dan mampu mengatasi perut yang keroncongan. Tak perlu khawatir bagi anda dengan budget sedikit, karena harga untuk satu porsi kupang lontong adalah Rp10.000, dan segelas es degan hanya Rp4.000 saja. tak hanya itu, anda bisa membeli pelengkap kupang lontong, yaitu sate kerang yang dihargai Rp4.000.


Dua porsi kupang lontong dengan dua gelas es degan sebagai pelengkap



Pak Misari yang sedang meracik bumbu kupang lontong di piring

Pembeli pun bisa request berapa cabai yang diinginkan dalam porsinya. Uniknya lagi, jika kita membeli kupang lontong di sini, karena anda bisa melihat secara langsung, Pak Misari “mengulek” bumbu – bumbu tambahan untuk seporsi lontong kupang, di antaranya ada, cabai yang jumlahnya bisa di-request dan satu siung bawang putih. Setelah diulek, cabai dan bawang putih tadi ditambah gula dan bumbu petis. Tidak lupa perasan jeruk nipis, kemudian ditambah potongan lontong. Tentunya yang tak boleh ketinggalan adalah kupangnya. Kupang sendiri merupakan sejenis kerang dengan ukuran sangat kecil. Dan sebagai pelengkap ditambahkan pula remahan lentho yang terbuat dari singkong parut goreng.
Saya rasa, tempat makan ini patut disebut “kecil – kecil cabe rawit”. Karena tempatnya yang kecil ( sempit ), tetapi memiliki banyak pelanggan. Beberapa chef terkenal seperti Chef Juna ( salah satu juri Master Chef Indonesia ) dan Chef Ken ( alumni Master Cher Indonesia ). Selain itu Pak Djarot ( mantan wakil gubernur DKI Jakarta ) juga pernah mencicipi lontong kupang Pak Misari ini. hal ini bisa dilihat dari beberapa foto yang ditempel di dinding tempat makan.
Tempat makan ini buka pukul 09.00 hingga habisnya porsi kupang lontong yang dijual, cocok bagi anda yang ingin belajar melatih kesabaran. Saking banyaknya pelanggan, anda wajib antre untuk bisa menikmati seporsi kupang lontong Pak Misari.
Jujur sebenarnya saya merasa aneh dengan makanan yang satu ini, karena ini kali pertamanya saya makan kupang lontong. Tapi overall, seporsi kupang lontong Pak Misari tidak mengecewakan untuk soal rasa. Rasa manis dan gurih saya rasa lebih mendominasi, karena tambahan gula pasir yang ditambahkan bersama bumbu – bumbu lainnya. Kerang kupang yang menjadi bahan utama tidak terlalu amis sehingga tidak mengurangi nafsu makan.
Sedikit tips bagi anda yang suka pedas, saya rasa anda harus meminta cabai lebih banyak, karena 4 buah cabai saja rasa pedasnya kurang greget menurut lidah saya. Selain itu, saya sarankan anda untuk membeli kupang lontong tidak dimakan di tempat alias dibawa pulang saja. Karena pengalaman saya makan di tempat, rasanya kurang nyaman akibat banyaknya pelanggan yang juga memesan kupang lontong. Penggila kuliner unik wajib datang ke Sidoarjo dan mencoba kupang lontong Pak Misari ini.

Happy Weekend gengs....

2 komentar: